File Tersembunyi Dalam iPhone Melacakan dan Merekam Gerakan Anda ?


Apakah iPhone Mencatat Setiap Pindahan Lokasi yang Anda lakukan?

Oleh siapa dan untuk alasan apa belum ditentukan, namun data para ilmuwan Alas dair Allan dan Pete Warden telah menemukan file pelacakan dalam perangkat yang beroperasi pada IOS 4. Allan dan Warden kemarin mengungkapkan temuan mereka pada 2.0 location conference di Santa Clara, CA.

Apakah Anda memiliki perangkat Apple? Apakah Anda khawatir dengan file pelacak ini ?

File ini disebut dengan consolidated.db, dan benar-benar tidak terenkripsi dan tidak dilindungi. File dapat diakses pada perangkat itu sendiri dan juga muncul di komputer manapun dengan perangkat yang telah tersinkronisasi. Rupanya, pelacakan ini dimulai pada perangkat update IOS 4 .

File ini berisi koordinat lintang dan bujur bersama dengan timestamps, yang pada dasarnya semua file jenis ini adalah file yang Anda butuhkan untuk melacak gerakan seseorang, sepanjang jangka waktu yang diberikan. Apple menambahkan fitur geolokasi ini untuk mengetahui letak keberadaan kelompok atau teman yang dikenal. Menurut Allan, ada bisa sampai puluhan ribu titik data dalam setiap satu file consolidated.db yang dapat melacak gerakan hingga kurun waktu sekitar satu tahun yang lalu.

Penelitian mereka tidak menemukan bukti yang menunjukkan bahwa informasi ini dapat keluar dari perangkat Apple Anda, tapi satu peneliti keamanan menganggap informasi tersebut meninggalkan perangkat Anda dan hanya dikirim langsung ke Apple. Mengapa Apple ingin semua informasi lokasi ini? Salah satu alasannya adalah bisa untuk penciptaan basis data lokasi mereka sendiri. Dengan informasi yang dikirim setiap hari dari jutaan iPhone yang sedang digunakan, Apple mungkin telah menemukan cara yang mudah dan hemat untuk memperluas basis data lokasi global milik mereka sendiri.

Menurut teori ini, Apple dapat mengirimkan informasi tentang lokasi Anda dua kali dalam sehari. Bagaimana mereka bisa melakukan ini? Ada kemungkinan bahwa prosedur opt-in untuk-pelacakan geo Apple ditanamkan dalam instalasi iTunes awal, yang mengharuskan pengguna iPhone untuk mensinkronisasi dari perangkat baru mereka.


Kemudian lagi, jika hal ini semua mulai terdengar terlalu teoritis dan hanya konspirasi untuk Anda, mari kita jangan lupakan bahwa Apple sudah melacak di mana Anda berada - Ini benar dalam pernyataan privasi mereka:

Untuk memberikan layanan berbasis lokasi pada produk Apple, Apple dan mitra kami dan pemegang lisensi dapat mengumpulkan, menggunakan, dan berbagi data lokasi yang tepat, termasuk lokasi geografis real-time dari komputer Apple atau perangkat. Data lokasi ini dikumpulkan secara anonim dalam bentuk yang tidak secara pribadi mengidentifikasi Anda dan digunakan oleh Apple dan mitra kami dan pemegang lisensi untuk menyediakan dan meningkatkan produk berbasis lokasi dan layanan. Sebagai contoh, kita dapat berbagi lokasi geografis dengan penyedia aplikasi bila Anda memilih untuk layanan lokasi mereka.

Pernyataan pengumpulan data lokasi tidak menyebutkan transfer data langsung ke Apple atau pihak ketiga sekalipun. dan benar-benar hanya mengatakan bahwa data lokasi ini login untuk membantu aplikasi seperti layanan peta, Foursquare atau Twitter.

Tapi ... eh ... ada privasi,? Apakah data lokasi ini sedang dikumpulkan oleh Apple untuk tujuan yang tidak diketahui , tidak terenkripsi, pada perangkat Anda dan komputer menunggu untuk diakses - Itu merupakan beberapa dasar kekhawatiran konsumen. Orang-orang khawatir tentang privasi bahkan tidak perlu memiliki sebuah produk Apple . Namun Provider Apple memiliki data ini, dan data ini dilindungi tapi untuk dapat mengaksesnya membutuhkan peradilan . Tampaknya hal yang menakutkan tentang kemudahan menemukannya, untuk beberapa orang, dan tidak semua akan menjadi relatif mudah dengan data yang diakses. .

Bagaimanapun juga, kata forensik data, peneliti Alex Levinson dalam sebuah artikel yang diterbitkan 21 April 2011 yang dikutip dari webproworld.com . Ia menguraikan tiga isu (silahkan lihat disini untuk melihat tiga isu tersebut ) tersebut mungkin membuat temukan dengan Allan dan Warden adalah tidak benar.

Pertama, ia mengatakan bahwa Apple tidak akan mengumpulkan data ini:

Apple tidak mengumpulkan data ini dari perangkat Anda. Ini adalah data pada perangkat yang Anda beli sebagai pelanggan, kecuali mereka -Allen dan Warden- dapat menunjukkan bukti konkret yang mendukung klaim ini - Analisis lalu lintas jaringan koneksi ke server Apple - Aku membantah klaim ini secara penuh. Melalui penelitian saya dalam bidang ini dan semua analisis lalu lintas saya lakukan, tidak satupun saya melihat data melintasi ke jaringan. Kata Alex Levinson
--http://www.webpronews.com/iphone-tracking-your-movements-2011-04--


Lebih lagi Alex Levinson mengatakan :
Tidak masalah dengan apa yang Mr Warden dan Mr Allan telah menciptakan atau disajikan di atas, tapi saya mengambil masalah dengan mereka membuat klaim yang keliru dan tidak mengutip sebelumnya sebelum menerbitkan hasilnya.


Silahkan lihat artikel aslinya disini :
http://www.webpronews.com/iphone-tracking-your-movements-2011-04

Dan lihat bagaimana Levinson mebahasnya : https://alexlevinson.wordpress.com/2011/04/21/3-major-issues-with-the-latest-iphone-tracking-discovery/

Filed Under: ,

About the Author

Kami segenap Aparatur Sekolah mengucapkan banyak terima kasih kepada segenap pihak yang terkait langsung maupun tidak langsung atas pembuatan weblog ini. Semoga weblog ini menjadi manfaat bagi peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Amin. Netter Design blog.

Leave a Reply